Viral  

Beredar di Medsos Ferdy Sambo Tidak Ditahan?

Ferdy Sambo Tidak Ditahan?

Dimanakita.com – Dunia maya geger, setelah beredar di media sosial unggahan video yang menampilkan foto terdakwa mati kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo, tampak seperti di rumah. Foto tersebut salah satunya diunggah oleh salah satu akun TikTok, Rabu 12 Juli 2023. Ferdy Sambo Tidak Ditahan?

Pada unggahan itu tampak mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri itu, tengah menunduk dengan suguhan beberapa makanan dan minuman di atas meja. Sambo terlihat mengenakan kaus berwarna hitam polos, dengan potongan rambut pendek.

“Sambo di rumah?? Muncul foto yang memperlihatkan Ferdy Sambo tengah duduk di dalam sebuah rumah dan tidak ditahan,” demikian narasi pengunggah. Hingga Kamis 13 Juli 2023 malam, unggahan itu telah menuai lebih dari 1,2 juta tayangan, 13.900 suka, dan 2.100 komentar dari pengguna TikTok.

Komentar warganet Melihat foto tersebut, sejumlah warganet mengaku kecewa dengan keadilan di Tanah Air. Namun, tak jarang yang mengatakan bahwa gambar tersebut merupakan foto lama.
“Tidak ada keadilan di negeri ini, tunjukkan satu aja keadilan di negeri ini,” komentar akun @bgja****.

“Hahah penjara hanya taman bermainnya,” kata warganet dengan akun @user2767666*****.

“Bukan ngebela tapi ini fakta, itu 100% foto lama,” komentar akun @user7382920392*****.

Penjelasan Kejagung dan MA Saat dikonfirmasi,

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana mengatakan, Ferdy Sambo berada di Mako Brimob.

“Perkaranya sudah di kasasi, kewenangan penahanan secara yuridis oleh Mahkamah Agung (MA),” ujar Ketut kepada Kompas.com, Kamis 13 Juli 2023.

“Dan secara fisik ada di Mako Brimob, silakan ditanyakan ke sana ya,” katanya dengan tidak menjelaskan detail.

Secara terpisah, Kepala Biro Hukum dan Humas MA Sobandi menjelaskan, Ferdy Sambo masih berstatus menjadi tahanan di rumah tahanan (rutan). Namun, dirinya belum mengecek rutan yang menjadi lokasi penahanan eks Kadiv Propam tersebut.

“Saya belum cek rutannya, belum bisa pastikan. Biasanya (lokasi rutan) meneruskan sama di tingkat pertama dan banding,” kata dia.

Sobandi menuturkan, Sambo merupakan tahanan yang menjadi tanggung jawab yuridis Mahkamah Agung. Kendati demikian, tanggung jawab secara fisik, termasuk terkait keberadaan tahanan di mana dan bagaimana, ada pada rutan.

“Jadi persoalan apakah dia keluar atau tidak, itu bisa dikonfirmasi ke kepala rutannya,” pungkasnya.

Pengacara bantah Sambo keluar tahanan Pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis, membantah bahwa kliennya keluar dari rutan dan tinggal di rumah. Menurut Arman, foto yang tersiar di media sosial itu diambil sebelum Sambo terlibat kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

“Itu foto sebelum beliau ditahan, jelas terbaca di caption tersebut,” ujarnya, dikutip dari Tribun, Rabu 12 Juli 2023.

Meski memastikan bahwa Sambo dipotret sebelum ditahan, Arman mengaku tidak tahu kapan foto itu diambil.

“Yang pasti, Pak FS (Ferdy Sambo) masih ditahan di Rutan Mako Brimob, dia tak keluar,” ungkapnya. Sementara itu, upaya konfirmasi yang dilakukan Kompas.com kepada Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dan Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah belum membuahkan hasil. Pesan singkat yang dikirimkan hingga Kamis 13 Juli 2023, malam tidak mendapatkan tanggapan.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *