Menjangan, Tak Terlupakan

Ditulis oleh Erma Watson
Foto oleh Bayu, Jong Java Trip 

Menikmati Bali tidak akan pernah membosankan. Akan selalu ada keindahan dan pesona disetiap sudutnya. Dan petualangan di Bali Barat kali ini membuktikannya. Bali barat memiliki pesona under water yang membuat hati jatuh cinta. Pulau Menjangan. Pulau yang berada diantara Pulau Bali dan Jawa ini memiliki 9 spot snorkeling dan diving yang kaya dengan biota laut. Bahkan keindahannya sudah dapat dinikmati hanya dengan berjalan dari tepi pantai.

Selain kaya dengan biota laut dan terumbu karang yang berwarna-warni, zona diving/snorkeling di Pulau Menjangan juga menawarkan zona drop-off atau wall yang siap memacu adrenaline rush bagi pemula seperti saya. Keindahan terumbu karang dan beragam ikan di area yang dangkal dan hangat, tiba-tiba berubah menjadi lebih dingin dengan air berwarna biru tua dengan perubahan tingkat kedalaman yang berubah drastis menampilkan wall/dinding yang penuh dengan terumbu karang. Menakutkan namun sekaligus menakjubkan.

Walaupun hanya berkesempatan snorkeling di satu spot saja – mereka menyebutnya Mangrove point, namun pesona underwater Pulau Menjangan sudah berhasil membuat terlena dan ingin untuk kesana lagi. Harus kembali lagi untuk menikmati spot lainnya dan diving terasa lebih menarik untuk kunjungan berikutnya.

Satu lainnya yang membuat kagum dari Pulau Mejangan ini adalah kearifanlokalnya. Warga sekitar berusaha semaksimal mungkin mengelola potensi wisata yang ada di Pulau Menjangan untuk memajukan ekonomi lokal. Mereka mengembangkan potensi wisata yang ada disana dengan tetap menjaga terumbu karang beserta ekosistem yang ada di dalamnya. Karang taruna juga berperan aktif sebagai guide dan pengelola jasa snorkeling dan diving disana dengan berbekal pengetahuan yang cukup tentang dunia bawah laut. Meskipun dikelola masyarakat lokal, namun pelayanan dan fasilitas yang diberikan sudah memadai dan profesional.

Sungguh, alam dan keindahannya sudah membuat saya jatuh cinta lagi.

1
Pulau ini letaknya di ujung barat pulau Bali.
IMG_6950
Kata Menjangan diambil dari nama hewan yang hidup di pulau ini. Menjangan atau rusa yang dalam bahasa Inggris deer adalah hewan mamalia pemamah biak yang termasuk familia Cervidae. 
IMG_6957
Walaupun terletak di Taman Nasional Bali Barat, kawasan ini terletal di zona kawasan wisata.
IMG_6941
Disini kita bisa menemui banyak satwa langka yang masih dijaga dengan baik.
IMG_6912
Untuk menuju Pulau Menjangan dapat menggunakan perahu yang dikelola Taman Nasional Bali Barat yang merupakan perahu rakyat di Pelabuhan Lalang, Teluk Terima.
IMG_6925
Pulau Menjangan terkenal sebagai tempatnya wall diving terbaik.
IMG_6947
Tidak ada penginapan, restorant, toko di Pulau Menjangan
IMG_6918
Keindangan bawah laut di Pulau Menjangan layaknya imajinasi yang tidak pernah kita duga.

Perjalanan #dimanakita kali ini bersama:
Jong Java Trip
Jong Java Trip adalah Tour and Travel yang bergerak di bidang Biro Perjalanan Wisata dan Transportasi dengan memegang teguh konsep eco-turism yang memberikan pengetahuan mengenai alam dengan cara yang menyenangkan dan mudah diterima.
Email : info@jongjavatrip.com
WA & Phone : +62822-1147-6767
LINE : @jongjavatrip
Website : jongjavatrip.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s