Hidup bersama air di Banjarmasin

IMG_5425

Siapa yang tidak kenal dengan iklan disebuah stasiun tv swasta yang tentang Ibu – ibu yang sedang berjualan di atas perahunya? Nah iklan tersebut merupakan salah satu iklan yang paling fenomenal di Indonesia. Lokasi iklan tersebut adalah di Banjarmasin. Iklan itu bukan rekayasa namun memang ada pasar apung di kota Banjarmasin. Kota yang terkenal dengan julukan seribu sungai adalah sebuah kota dari provinsi Kalimantan Selatan. Kota ini juga dilewati oleh Sungai Martapura dan Sungai Barito, jika kamu melihat peta Indonesia, kota ini hapir berada di tengah – tengah wilayah Indonesia.

IMG_5406

Karena kota ini terletak di tepi sungai oleh karena itu sebagian besar penduduk sangat tergantung dengan sungai baik untuk kehidupan sehari – hari seperti mandi dan berjualan di pasar apung. Begitu juga dengan pariwisata yang diandalkan adalah wisata air bahkan mata pencaharian mereka tidak jauh dari sungai yaitu perikanan dan transportasi air.

IMG_5422

Dalam sejarah Indonesia kota Banjarmasin memiliki banyak peran penting dan penyebutan nama. Dalam bahasa Belanda Banjarmasin disebut dengan “Bandzermash”. Kota ini juga sempat dikuasai oleh Jepang pada abad ke 19. Jika kamu menyulusuri sejarah kota ini ada banyak cerita dan fakta menarik yang bisa kamu dapatkan.

Ada beberapa tempat yang harus kamu kunjungi jika kamu ada di Banjarmasin, yaitu yang pertama dan wajib dikunjungi adalah Pasar Terapung. Pasar Terapung yang paling digemari dan ramai adalah pasar yang ada di Sungai Barito. Konon pasar terapung sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Kamu bisa melihat orang berjualan dan membeli bahan makanan bahkan ada warung diatas perahu. Bagi orag yang tidak terbiasa membeli bahan makanan diatas perahu pasti akan merasa takut jatuh kedalam sungai.

IMG_5411

Adapula Pulau Kembang, pulau yang berada ditengah sungai Barito yang penuh dengan monyet. Konon di pulau ini ada monyet yang paling besar dan disebut – sebut sebagai Raja Monyet. Jika kamu takut kena air dan jatuh ke sungai karena tidak berani naik perahu, ada sebuh tempat yang banyak orang datangi untuk melihat pemandangan dan perahu di sekitar sungai Martapura yaitu Taman Siring Sungai Martapura. Anda bisa memnacing dan menikmati wisata kuliner di tempat ini sambil menikmati pemandangan perahu dan menikmati hari di Banjarmasin. Jika kamu sempat datang ke kota Martapura kamu bisa melihat Pasar Intan, selain intan kamu bisa melihat oleh – oleh khas Banjarmasin lainnya.

IMG_5436 IMG_5423

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s