” LET’S JUMP ! ” Nusa Lembongan ke Nusa Ceningan

Nusa Ceningan 203

Selain pulau utama, Bali juga dikeliling beberapa pulau kecil yang tidak kalah eksotis. Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan adalah dua pulau kecil dan menawan yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali.  Kedua pulau ini termasuk kedalam daerah Kabupaten Klungkung bersama dengan Nusa Penida. Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan dihubungkan oleh sebuah jembatan yang sudah sangat terkenal dikalangan traveler, mereka menyebutnya “Jembatan Kuning”. Jembatan yang menyita perhatian karena berwarna kuning dan kontras dengan sekitarnya yang berwarna biru jernih.

blue sea

Kedua pulau ini bisa dijadikan sebagai salah satu tempat untuk enyah sejenak dari hiruk pikuk Bali yang sudah semakin penat. Jika dibandingkan dengan Bali, penduduk di pulau ini terkesan lebih “keras”, seperti layaknya penduduk pesisir lainnya. Namun sebenarnya mereka sangat ramah dan welcome dengan para pelancong yang datang ke pulau tersebut. Mereka tidak akan segan untuk bercerita tentang banyak hal mengenai pulau tersebut, Bali dan juga kehidupan disana. Selain pemandangan laut yang memanjakan mata di setiap sudut pulau, keseharian penduduk di sini juga menarik perhatian dimana sebagian dari mereka adalah petani rumput laut. Sepanjang jalan akan mudah dijumpai para wanita yang sedang menjemur rumput laut dan pesisir pantai yang menawan dengan ladang rumput laut di dalamnya.

jembatan pizza

Dua pulau kecil ini dikelilingi lautan biru dan menghadap langsung ke Samudera Hindia, tentu saja wisata pantai adalah tujuan utama yang tak terbantahkan jika berkunjung ke tempat ini. Surfing, snorkeling, diving, sunbathing atau yang paling extreme adalah rock jumping, terjun bebas ke dalam lautan dari ketinggian 6 meter atau 10 meter di atas tebing. Why not? Bahkan sebelum loncat sudah terasa sensasi adrenalin rush dalam tubuh. Lakukan rock jumping  jika benar-benar merasa siap, beruntung dan merasa diri adalah perenang yang cukup tangguh untuk melawan ombak Samudera Hindia.

jumping area

Masih jelas terasa sengatan matahari, laut yang jernih, langit biru, aroma laut dan jemuran rumput laut, angin pantai sambil menaiki motor mengelilingi kedua pulau ini. Pesona pesisir yang tak terbantahkan indahnya. Dan, betapa menyenangkannya jika keindahan ini bisa kita jaga dan wariskan kepada generasi selanjutnya, bukan sekedar melalui cerita dan foto belaka.

We are tied to the ocean. And when we go back to the sea – whether it is to sail or to watch it – we are going back from whence we came.” – John F. Kennedy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s